Selasa, 06 Oktober 2009

Mempengaruhi Hubungan

Dalam mempengaruhi hubungan ada beberapa unsur - unsur, yaitu :
Pertama Unsur Wewenang,,
  • Mengenai pangkat, posisi yang penting untuk mengatur kekuasaan yang resmi (Seperti; Legitimasi dan ada kejelasannya).
  • Proses dalam wewenang lebih cepat.(Keuntungannya)
  • Kelemahan : Disalah gunakan, perubahan perilaku dikarenakan bukan kesadaran sendiri.
  • Contohnya : Dalam kemiliteran,
Dalam kehidupan sehari-hari :
Ketika saya berada disebuah komunitas tertentu. Pada suatu ketika ketua komunitas
tersebut berhalangan hadir untuk mendiskusikan permasalah dikomunitas tersebut, dan
saya diminta untuk memimpin komunitas tersebut dalam mendiskusikan permasalah
dalam kominutas itu. Yang berarti saya mempunyai wewenang dalam menyelesaikan
perasalahan dalam komunitas itu walaupun hanya sementara.

Kedua Unsur dengan menggunakan Paksaan atau ancaman,,
adanya tekanan untuk memper oleh apa yang dia inginkan.
Contohnya : Premanisme,, Ketika saya berada di sebuah tempat. Saya melihat ada orang
yang berpenampilan seprti preman ia sedang memaksa orang
lain untuk memberikan sejumlah uang jika tidak memberikan
uang orang tersebut diancam menggunakan senjata tajam.
Jadi sikap seperti ini sudah jelas adanya ancaman atau
paksaan.
Ketiga Unsur Metode Manipulatif
Biasanya dilakukan dengan cara membohongi atau menggunakan cara-cara licik agar
dapat mempengaruhi seseorang untuk mengikuti apa yang ia inginkan atau capai.
Contohnya : Ketika saya ingin membeli barang-barang yang sedang diskon,
saya tergiur untuk membelinya dan pas saya lihat ternyata harganya sama
saja ketika harga sebelum di diskon. Jadi biasanya para penjual menggunkan
trik-trik diskon agar barang-barangnya laku.
Keempat Unsur Kerjasama,,
Dalam proses mempengaruhi perilaku bisanya melakukan kerjasama agar lebih mudah
untuk menyelesaikan pekerjaan.
Kelebihannya : Melihat suatu permasalahan akan lebih jelas (global)
Mengambil beberapa tanggung jawab dengan berbagai alternatif
Saling komunikasi
Contohnya : Ketika di keluarga saya mengadakan suatu acara diperlukan kerjasama.
Dimulai dengan berbagi tugas ada yang tugasnya mendekor ruangan,
memilih makanan apa yang di sajikan, ada yang mencari tempat untuk
acara tersebut dll. Jadi diperlukan kerjasama agar acara tersebut
berlangsung sesuai dengan keinginan, jika tidak ada kerjasama maka
tidak akan berlangsung sesuai dengan keinginan.
Kelima Unsur Mempengaruhi Peran Kekuasaan Dengan Karyawan & Penilaian Prestasi Kerja:
Berbagi Tipe-tipe Kekuasaan :
1. Kekuasaan Legitimasi (Legitimate Power),, mempengaruhi atas dasar jabatan formal
dalam organisasi, makin tinggi jabatan pemimpin makin besar legitimasi yang dimiliki.
2. Kekuasaan Penghargaan (Reward Power),, mempengaruhi bawahan atas dasar
kemampuan memberi penghargaan. Bawahan mengikuti kemauan pemimpin karena
perilakunya akan menerima penghargaan sesuai dengan yang diinginkan.
3. Kekuasaan Paksaan (Coercive Power),, mempengaruhi bawahan atas dasar
kemampuan memberi hukuman/sanksi. Berupa tegoran, pemotongan gaji, dll.
4. Kekuasaan Panutan (Referent Power),, mempengaruhi anak buah atas dasar
identifikasi pengikut ingin seperti pemimpin. Tipe kekuasaab ini biasanya memiliki
karakteristik mengagumkan kharismatik dan reputasi baik.
5. Kekuasaan Keahlian (Expert Power),, mempengaruhi anak buah atas dasar spesialisasi
pengetahuan yang dimiliki. Expert power merupakan sumber kekuasaan kunci,
bahkan sering seseorang karyawan mendapat promosi karena pengalaman organisasi.
Contohnya : Dalam Kekuasaan Penghargaan :
Jadi di sebuah perusaaan ada seorang karyawan yang tadinya malas-malasan
bekerja menjadi rajin bekerja hanya untuk mendapatkan Penghargaan.
Penghargaan tersebut bisa berupa Gaji, Posisi jabatan, Pelatihan, Bonus
kerja, dll.
Dimana seseorang tersebut semata-mata perilakunya berubah karena ingin
mendapatkan penghargaan bukan karena ingin bekerja sesuai tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar